sosmed admin

kata abang kece

jika kalian memiliki ilmu yang mereka tidak bisa, apasalah nya jika kita berbagi kepada mereka yang tidak mengerti

PENGIKUT

Night Diamond Bloody Red Background

Rabu, 23 Agustus 2017

SOP

by tegar trinendad  |  at  Agustus 23, 2017


 assalamualaikum wr.wb
rabu,23 agustus 2017
1.pengertian
Standar Operasional Prosedur (SOP) adalah dokumen yang berkaitan dengan prosedur yang dilakukan secara kronologis untuk menyelesaikan suatu pekerjaan yang bertujuan untuk memperoleh hasil kerja yang paling efektif dari para pekerja dengan biaya yang serendah-rendahnya. SOP biasanya terdiri dari manfaat, kapan dibuat atau direvisi, metode penulisan prosedur, serta dilengkapi oleh bagan flowchart di bagian akhir (Laksmi, 2008:52)


Tujuan dan Fungsi SOP 

Tujuan pembuatan SOP adalah untuk menjelaskan perincian atau standar yang tetap me1.pengenai aktivitas pekerjaan yang berulang-ulang yang diselenggarakan dalam suatu organisasi. SOP yang baik adalah SOP yang mampu menjadikan arus kerja yang lebih baik, menjadi panduan untuk karyawan baru, penghematan biaya, memudahkan pengawasan, serta mengakibatkan koordinasi yang baik antara bagian-bagian yang berlainan dalam perusahaan.

Tujuan Standar Operasional Prosedur (SOP) adalah sebagai berikut (Indah Puji, 2014:30):
  1. 1.Untuk menjaga konsistensi tingkat penampilan kinerja atau kondisi tertentu dan kemana petugas dan lingkungan dalam melaksanakan sesuatu tugas atau pekerjaan tertentu.
  2. 2.Sebagai acuan dalam pelaksanaan kegiatan tertentu bagi sesama pekerja, dan supervisor.
  3. 3.Untuk menghindari kegagalan atau kesalahan (dengan demikian menghindari dan mengurangi konflik), keraguan, duplikasi serta pemborosan dalam proses pelaksanaan kegiatan.
  4. 4.Merupakan parameter untuk menilai mutu pelayanan. 
  5. 5.Untuk lebih menjamin penggunaan tenaga dan sumber daya secara efisien dan efektif. 
    Untuk menjelaskan alur tugas, wewenang dan tanggung jawab dari petugas yang terkait.
  6. 6.Sebagai dokumen yang akan menjelaskan dan menilai pelaksanaan proses kerja bila terjadi suatu kesalahan atau dugaan mal praktek dan kesalahan administratif lainnya, sehingga sifatnya melindungi rumah sakit dan petugas.
  7. 7.Sebagai dokumen yang digunakan untuk pelatihan.
  8. 8.Sebagai dokumen sejarah bila telah di buat revisi SOP yang baru.
a.Sedangkan fungsi SOP adalah sebagai berikut (Indah Puji, 2014:35):
  1. 1.Memperlancar tugas petugas/pegawai atau tim/unit kerja.
  2. 2.Sebagai dasar hukum bila terjadi penyimpangan.
  3. 3.Mengetahui dengan jelas hambatan-hambatannya dan mudah dilacak.
  4. 4.Mengarahkan petugas/pegawai untuk sama-sama disiplin dalam bekerja.
  5. 5.Sebagai pedoman dalam melaksanakan pekerjaan rutin.

Manfaat SOP

SOP atau yang sering disebut sebagai prosedur tetap (protap) adalah penetapan tertulis mengenai apa yang harus dilakukan, kapan, dimana dan oleh siapa dan dibuat untuk menghindari terjadinya variasi dalam proses pelaksanaan kegiatan oleh pegawai yang akan mengganggu kinerja organisasi (instansi pemerintah) secara keseluruhan. SOP memiliki manfaat bagi organisasi antara lain (Permenpan No.PER/21/M-PAN/11/2008):
  1. 1.Sebagai standarisasi cara yang dilakukan pegawai dalam menyelesaikan pekerjaan khusus, mengurangi kesalahan dan kelalaian. 
  2. 2.SOP membantu staf menjadi lebih mandiri dan tidak tergantung pada intervensi manajemen, sehingga akan mengurangi keterlibatan pimpinan dalam pelaksanaan proses sehari-hari. 
  3. 3.Meningkatkan akuntabilitas dengan mendokumentasikan tanggung jawab khusus dalam melaksanakan tugas. 
  4. 4.Menciptakan ukuran standar kinerja yang akan memberikan pegawai. cara konkret untuk memperbaiki kinerja serta membantu mengevaluasi usaha yang telah dilakukan. 
  5. 5.Menciptakan bahan-bahan training yang dapat membantu pegawai baru untuk cepat melakukan tugasnya.
  6. 6.Menunjukkan kinerja bahwa organisasi efisien dan dikelola dengan baik. 
  7. 7.Menyediakan pedoman bagi setiap pegawai di unit pelayanan dalam melaksanakan pemberian pelayanan sehari-hari. 
  8. 8.Menghindari tumpang tindih pelaksanaan tugas pemberian pelayanan. 
  9. 9.Membantu penelusuran terhadap kesalahan-kesalahan prosedural dalam memberikan pelayanan. Menjamin proses pelayanan tetap berjalan dalam berbagai situasi.

    sekian artikel   dari saya semoga bisa bermanfaat untuk  kawan kawan yang membaca nya.
     trima kasih 


0 komentar:

Proudly Powered by Blogger.
nama saya TEGAR TRINENDAD akrab dipanggil ABANG KECEH